AKREDITASI PROGRAM STUDI SARJANA
BUKU IIIB
BORANG INSTITUSI
YANG DIISI OLEH FAKULTAS/SEKOLAH TINGGI
BADAN AKREDITASI NASIONAL PERGURUAN
TINGGI
JAKARTA 2008
DAFTAR ISI
|
|
|
Halaman
|
STANDAR 1
|
VISI, MISI, TUJUAN DAN SASARAN, SERTA STRATEGI PENCAPAIAN
|
4
|
STANDAR 2
|
TATA PAMONG, KEPEMIMPINAN, SISTEM PENGELOLAAN, DAN PENJAMINAN MUTU
|
5
|
STANDAR 3
|
MAHASISWA DAN LULUSAN
|
7
|
STANDAR 4
|
SUMBER DAYA MANUSIA
|
9
|
STANDAR 5
|
KURIKULUM, PEMBELAJARAN, DAN SUASANA AKADEMIK
|
10
|
STANDAR 6
|
PEMBIAYAAN, SARANA DAN PRASARANA, SERTA SISTEM INFORMASI
|
11
|
STANDAR 7
|
PENELITIAN, PELAYANAN/PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, DAN KERJASAMA
|
14
|
DATA DAN INFORMASI
FAKULTAS*/ SEKOLAH TINGGI**
IDENTITAS
Nama Perguruan Tinggi : ......................................................................
Alamat :
......................................................................
......................................................................
No. Telepon : ......................................................................
No. Faksimili :
......................................................................
Homepage dan E-Mail :
......................................................................
Nomor dan
Tanggal
SK Pendirian Institusi :
......................................................................
Pejabat yang Menerbitkan
SK :
......................................................................
Identitas berikut ini mengenai Fakultas (yang bersangkutan
dengan PS) dari Perguruan Tinggi :
Nama Fakultas :
......................................................................
Alamat :
......................................................................
......................................................................
No. Telepon :
......................................................................
No. Faksimili :
......................................................................
Homepage dan E-Mail :
......................................................................
Nomor
dan Tanggal
SK
Pendirian Fakultas :
......................................................................
Pejabat yang Menerbitkan
SK :
......................................................................
Program studi yang dikelola oleh
Fakultas/Sekolah Tinggi:
- PS
.....................................................................
(Jenjang pendidikan ......)
- PS
.....................................................................
(Jenjang pendidikan ......)
- PS
.....................................................................
(Jenjang pendidikan ......)
- PS
.....................................................................
(Jenjang pendidikan ......)
- dst.
Isian selanjutnya
adalah informasi yang mencakup semua program studi
dalam
Fakultas/Sekolah Tinggi
Keterangan:
* Untuk Universitas atau Institut, borang ini diisi oleh Fakultas.
** Untuk Sekolah Tinggi, borang ini diisi oleh
Sekolah Tinggi.
IDENTITAS PENGISI BORANG
FAKULTAS*/SEKOLAH
TINGGI**
Nama :
......................................................................
NIDN :
......................................................................
Jabatan : ......................................................................
Tanggal Pengisian : --
Tanda Tangan :
Nama :
......................................................................
NIDN :
......................................................................
Jabatan :
......................................................................
Tanggal Pengisian : --
Tanda Tangan :
Nama :
......................................................................
NIDN : ......................................................................
Jabatan :
......................................................................
Tanggal Pengisian : --
Tanda Tangan :
Keterangan:
* Untuk Universitas
atau Institut, borang ini diisi oleh Fakultas.
** Untuk Sekolah Tinggi, borang ini diisi oleh
Sekolah Tinggi.
STANDAR 1.
VISI, MISI, TUJUAN, SASARAN SERTA STRATEGI PENCAPAIAN
1.1 Visi,
misi, tujuan, dan sasaran serta strategi pencapaian Fakultas/Sekolah Tinggi
1.1.1 Visi
|
1.1.2 Misi
|
1.1.3 Tujuan
|
1.1.4
Sasaran dan strategi pencapaiannya
|
1.2 Uraikan upaya penyebaran/sosialisasi, serta tingkat pemahaman sivitas akademika
(dosen dan mahasiswa) dan tenaga kependidikan tentang visi, misi dan tujuan
Fakultas/Sekolah Tinggi.
|
STANDAR 2.
TATA PAMONG, KEPEMIMPINAN, SISTEM PENGELOLAAN DAN PENJAMINAN MUTU
2.1 Tata Pamong
Tata pamong adalah suatu sistem yang dapat menjadikan kepemimpinan, sistem
pengelolaan dan penjaminan mutu berjalan secara efektif di dalam
universitas/institusi yang mengelola program studi. Hal-hal yang menjadi fokus di dalam tata pamong
termasuk bagaimana kebijakan dan strategi disusun sedemikian rupa sehingga
memungkinkan terpilihnya pemimpin dan pengelola yang kredibel dan sistem penyelenggaraan
program studi secara kredibel, transparan, akuntabel, bertanggung jawab dan
menerapkan prinsip-prinsip keadilan.
Organisasi dan sistem tata pamong
yang baik (good governance) mencerminkan
kredibilitas, transparansi, akuntabilitas, tanggungjawab dan keadilan Fakultas/Sekolah
Tinggi dalam mengelola program
studi.
Uraikan secara ringkas sistem dan pelaksanaan
tata pamong di Fakultas/Sekolah Tinggi untuk memilih pemimpin dan membangun
sistem tata pamong yang kredibel, akuntabel, transparan, bertanggung jawab dan
adil.
2.2
Struktur Organisasi, Koordinasi dan Cara Kerja Fakultas/Sekolah Tinggi
Gambarkan struktur organisasi Fakultas/Sekolah Tinggi serta tugas/fungsi
dari tiap unit yang ada.
|
2.3
Kepemimpinan
Kepemimpinan efektif mengarahkan
dan mempengaruhi perilaku semua unsur dalam program studi, mengikuti nilai,
norma, etika, dan budaya organisasi yang disepakati bersama, serta mampu
membuat keputusan yang tepat dan cepat.
Kepemimpinan mampu
memprediksi masa depan, merumuskan dan mengartikulasi visi yang realistis, kredibel, serta mengkomunikasikan visi ke depan, yang menekankan pada
keharmonisan hubungan manusia dan mampu menstimulasi secara intelektual dan
arif bagi anggota untuk mewujudkan visi organisasi, serta mampu memberikan
arahan, tujuan, peran, dan tugas kepada seluruh unsur dalam perguruan tinggi.
Jelaskan pola kepemimpinan dalam
Fakultas/Sekolah Tinggi.
|
2.4 Sistem Pengelolaan
Sistem pengelolaan
fungsional dan operasional program studi mencakup planning, organizing, staffing, leading,
controlling, serta operasi internal dan eksternal.
Jelaskan sistem pengelolaan Fakultas/Sekolah Tinggi serta ketersediaan
Renstra dan Renop.
|
2.5 Sistem Penjaminan Mutu Fakultas/Sekolah Tinggi
Jelaskan sistem penjaminan mutu dalam
Fakultas/Sekolah Tinggi. Jelaskan pula
standar mutu yang digunakan.
|
STANDAR 3.
MAHASISWA DAN LULUSAN
3.1 Mahasiswa
3.1.1
Sistem Rekrutmen dan Seleksi Calon Mahasiswa Baru dan Efektivitasnya
Kebijakan sistem rekrutmen dan seleksi calon mahasiswa (mencakup mutu
prestasi dan reputasi akademik serta bakat pada jenjang pendidikan sebelumnya,
equitas wilayah, kemampuan ekonomi dan jender).
Efektivitas implementasi sistem rekrutmen dan seleksi calon mahasiswa untuk menghasilkan calon
mahasiswa yang bermutu diukur dari jumlah peminat, proporsi pendaftar terhadap
daya tampung dan proporsi yang diterima dan yang registrasi.
Jelaskan sistem rekrutmen dan seleksi calon
mahasiswa baru yang diterapkan pada Fakultas/Sekolah Tinggi ini, serta
efektivitasnya.
|
3. 1.2 Tuliskan data
mahasiswa reguler dan mahasiswa transfer untuk masing-masing program studi S1
pada TS (tahun akademik penuh yang terakhir) di Fakultas/Sekolah Tinggi sesuai
dengan mengikuti format tabel berikut:
No.
|
Hal
|
Jumlah Mahasiswa pada PS:
|
Total Mahasiswa
pada Fakultas
|
||||
PS-1
… … …
|
PS-2
… … …
|
PS-3
… … …
|
dst
… … …
|
||||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
(7)
|
(8)
|
1
|
Program reguler
|
1. Mhs. baru bukan transfer
|
|
|
|
|
|
2. Mhs. baru transfer
|
|
|
|
|
|
||
Total
mhs. reguler
|
|
|
|
|
|
||
2
|
Program non-reguler
|
1. Mhs. baru bukan transfer
|
|
|
|
|
|
2. Mhs. baru transfer
|
|
|
|
|
|
||
Total
mhs. non-reguler
|
|
|
|
|
|
Catatan:
(1) Mahasiswa program reguler
adalah mahasiswa yang mengikuti program pendidikan secara penuh waktu (baik
kelas pagi, siang, sore, malam, dan di seluruh kampus).
(2) Mahasiswa program non-reguler
adalah mahasiswa yang mengikuti program pendidikan secara paruh waktu.
(3) Mahasiswa transfer adalah
mahasiswa yang masuk ke program studi dengan mentransfer mata kuliah yang telah
diperolehnya dari PS lain, baik dari dalam PT maupun luar PT.
3.1.3 Uraikan alasan/pertimbangan Fakultas/Sekolah
Tinggi dalam menerima mahasiswa transfer.
Jelaskan pula alasan mahasiswa melakukan transfer.
|
3. 2 Lulusan
3.2.1 Tuliskan rata-rata masa studi dan rata-rata
IPK lulusan selama tiga tahun terakhir dari mahasiswa reguler bukan transfer
untuk tiap program studi S1 yang dikelola oleh Fakultas/Sekolah Tinggi dengan
mengikuti format tabel berikut:
No.
|
Program Studi
|
Rata-rata masa studi (tahun)
|
Rata-rata IPK
lulusan
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
1
|
PS 1: …
|
|
|
2
|
PS 2: …
|
|
|
…
|
…
|
|
|
|
Rata-rata di Fakultas
|
|
|
3.2.2 Uraikan pandangan Fakultas/Sekolah Tinggi
tentang rara-rata masa studi dan rata-rata IPK lulusan, yang mencakup
aspek : kewajaran, upaya pengembangan, dan upaya peningkatan mutu. Uraikan pula kendala-kendala yang dihadapi.
|
STANDAR 4.
SUMBER DAYA MANUSIA
4.1 Dosen Tetap
Dosen tetap dalam borang akreditasi BAN-PT adalah dosen yang
diangkat dan ditempatkan sebagai tenaga tetap pada PT yang bersangkutan;
termasuk dosen penugasan Kopertis, dan dosen yayasan pada PTS dalam bidang yang
relevan dengan keahlian bidang studinya. Seorang dosen hanya dapat menjadi
dosen tetap pada satu perguruan tinggi, dan mempunyai penugasan kerja minimum
20 jam/minggu.
Dosen tetap dipilah dalam 2 kelompok, yaitu:
1. dosen tetap yang bidang
keahliannya sesuai dengan PS
2. dosen tetap yang bidang
keahliannya di luar PS
4.1.1 Tuliskan
jumlah dosen tetap yang bidang keahliannya sesuai dengan masing-masing PS di
lingkungan Fakultas/Sekolah Tinggi, berdasarkan jabatan fungsional dan
pendidikan tertinggi, dengan mengikuti format tabel berikut:
No.
|
Hal
|
Jumlah Dosen Tetap yang bertugas
pada Program Studi:
|
Total di Fakultas
|
|||
PS-1
… … … …
|
PS-2
… … … …
|
PS-3
… … … …
|
dst
… … … …
|
|||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
(7)
|
A
|
Jabatan
Fungsional :
|
|
|
|
|
|
1
|
Asisten Ahli
|
|
|
|
|
|
2
|
Lektor
|
|
|
|
|
|
3
|
Lektor Kepala
|
|
|
|
|
|
4
|
Guru Besar/Profesor
|
|
|
|
|
|
|
TOTAL
|
|
|
|
|
|
B
|
Pendidikan
Tertinggi :
|
|
|
|
|
|
1
|
S1
|
|
|
|
|
|
2
|
S2/Profesi/Sp-1
|
|
|
|
|
|
3
|
S3/Sp-2
|
|
|
|
|
|
|
TOTAL
|
|
|
|
|
|
4.1.2 Tuliskan
banyaknya penggantian dan perekrutan serta pengembangan dosen tetap yang bidang
keahliannya sesuai dengan program studi pada Fakultas/Sekolah Tinggi dalam tiga
tahun terakhir dengan mengikuti format tabel berikut:
No.
|
Hal
|
PS-1
… … … …
|
PS-2
… … … …
|
PS-3
… … … …
|
dst
… … … …
|
Total di Fakultas
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
(7)
|
1
|
Banyaknya dosen
pensiun/berhenti
|
|
|
|
|
|
2
|
Banyaknya perekrutan
dosen baru
|
|
|
|
|
|
3
|
Banyaknya dosen tugas
belajar S2/Sp-1
|
|
|
|
|
|
4
|
Banyaknya dosen tugas
belajar S3/Sp-2
|
|
|
|
|
|
4.1.3 Uraikan pandangan Fakultas/Sekolah Tinggi
tentang data pada butir 4.1.1 dan 4.1.2, yang mencakup aspek: kecukupan,
kualifikasi, dan pengembangan karir. Jelaskan kendala yang ada dalam
pengembangan tenaga dosen tetap.
|
4.2 Tenaga kependidikan
Tuliskan data tenaga
kependidikan yang ada di Fakultas/Sekolah Tinggi dengan mengikuti format tabel
berikut:
No.
|
Jenis
Tenaga Kependidikan
|
Jumlah
Tenaga Kependidikan
di
Fakultas/Sekolah Tinggi dengan
Pendidikan
Terakhir
|
|||||||
S3
|
S2
|
S1
|
D4
|
D3
|
D2
|
D1
|
SMA/SMK
|
||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
(7)
|
(8)
|
(9)
|
(10)
|
1
|
Pustakawan *
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Laboran/ Teknisi/ Analis/ Operator/ Programer
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Administrasi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Lainnya : …
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Total
|
|
|
|
|
|
|
|
|
* Hanya yang memiliki
pendidikan formal dalam bidang perpustakaan
Uraikan
pandangan Fakultas tentang data di atas yang mencakup aspek: kecukupan, dan kualifikasi.
Jelaskan kendala yang ada dalam pengembangan tenaga kependidikan.
|
STANDAR 5.
KURIKULUM, PEMBELAJARAN DAN SUASANA AKADEMIK
5.1 Kurikulum
Jelaskan peran Fakultas/Sekolah Tinggi dalam
penyusunan dan pengembangan kurikulum untuk program studi yang dikelola.
5.2 Pembelajaran
Jelaskan peran Fakultas/Sekolah Tinggi
dalam memonitor dan mengevaluasi pembelajaran.
5.3 Suasana
Akademik
Jelaskan peran Fakultas/Sekolah Tinggi
dalam mendorong suasana akademik yang
kondusif, terutama dalam: (1) Kebijakan
tentang suasana akademik, (2) penyediaan
prasarana dan sarana, (3) dukungan dana, dan (4) kegiatan akademik di
dalam dan di luar kelas.
STANDAR 6.
PEMBIAYAAN, SARANA DAN PRASARANA SERTA SISTEM INFORMASI
6.1 Pembiayaan
6.1.1 Tuliskan
jumlah dana termasuk gaji yang diterima
di Fakultas/Sekolah Tinggi selama tiga tahun terakhir dengan
mengikuti format tabel berikut:
Sumber Dana
|
Jenis Dana
|
Jumlah dana (juta rupiah)
|
||
TS-2
|
TS-1
|
TS
|
||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
PT sendiri
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Yayasan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Diknas
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Sumber lain
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Total
|
|
|
|
Penggunaan dana:
No.
|
Jenis Penggunaan
|
Jumlah Dana dalam Juta Rupiah dan Persentase
|
|||||
TS-2
|
TS-1
|
TS
|
|||||
Rp
|
%
|
Rp
|
%
|
Rp
|
%
|
||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
(7)
|
(8)
|
1
|
Pendidikan
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Penelitian
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Pengabdian kepada Masyarakat
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Investasi prasarana
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Investasi sarana
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Investasi SDM
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Lain-lain
|
|
|
|
|
|
|
Penggunaan dana untuk penyelenggaraan
kegiatan Tridarma per program studi:
No.
|
Nama Program Studi
|
Jumlah Dana (juta rupiah)
|
||
TS-2
|
TS-1
|
TS
|
||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
...
|
|
|
|
|
6.1.2 Uraikan
pendapat pimpinan Fakultas/Sekolah Tinggi tentang perolehan dana pada butir 6.1.1, yang
mencakup aspek: kecukupan dan upaya pengembangannya. Uraikan pula
kendala-kendala yang dihadapi.
|
6.2 Sarana
6.2.1 Uraikan penilaian Fakultas/Sekolah Tinggi
tentang sarana untuk menjamin penyelenggaraan program Tridarma PT yang bermutu
tinggi. Uraian ini mencakup
aspek: kecukupan/ketersediaan/akses dan kewajaran serta rencana pengembangan
dalam lima tahun mendatang. Uraikan kendala yang dihadapi dalam penambahan
sarana.
|
6.2.2 Tuliskan
sarana tambahan untuk meningkatkan mutu penyelenggarakan program Tridarma PT pada
semua program studi yang dikelola dalam
tiga tahun terakhir. Uraikan
pula rencana investasi untuk sarana
dalam lima tahun mendatang, dengan mengikuti format tabel berikut:
No.
|
Jenis Sarana
Tambahan
|
Investasi sarana
selama tiga tahun
terakhir
(juta Rp)
|
Rencana investasi
sarana dalam
|
|
Nilai Investasi (juta Rp)
|
Sumber Dana
|
|||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
---
|
|
|
|
|
6.3 Prasarana
6.3.1 Uraikan penilaian Fakultas/Sekolah Tinggi
tentang prasarana yang telah dimiliki, khususnya yang digunakan untuk
program-program studi. Uraian
ini mencakup aspek: kecukupan dan kewajaran serta rencana pengembangan dalam
lima tahun mendatang. Uraikan kendala yang dihadapi dalam penambahan
prasarana.
|
6.3.2 Sebutkan
prasarana tambahan untuk semua program
studi yang dikelola dalam tiga tahun terakhir. Uraikan pula rencana investasi untuk
prasarana dalam lima tahun mendatang, dengan mengikuti format tabel berikut:
No.
|
Jenis Prasarana
Tambahan
|
Investasi prasarana
selama tiga tahun
terakhir
(juta Rp)
|
Rencana investasi
prasarana dalam
|
|
Nilai Investasi (juta Rp)
|
Sumber Dana
|
|||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
---
|
|
|
|
|
6.4 Sistem
Informasi
6.4.1 Jelaskan
sistem informasi manajemen dan fasilitas ICT (Information and Communication Technology) yang digunakan Fakultas/Sekolah
Tinggi untuk proses penyelenggaraan akademik dan administrasi (misalkan SIAKAD,
SIMKEU, SIMAWA, SIMFA, SIMPEG dan sejenisnya), termasuk distance-learning. Jelaskan
pemanfaatannya dalam proses pengambilan keputusan dalam pengembangan
institusi.
|
6.4.2 Beri tanda √ pada kolom yang sesuai dengan
aksesibilitas tiap jenis data, dengan mengikuti format tabel berikut.
Jenis Data
|
Sistem
Pengelolaan Data
|
|||
Secara Manual
|
Dengan
Komputer Tanpa Jaringan
|
Dengan Komputer Melalui Jaringan Lokal (LAN)
|
Dengan Komputer Melalui Jaringan Luas (WAN)
|
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
|
|
|
|
|
1. Mahasiswa
|
|
|
|
|
2. Kartu
Rencana Studi (KRS)
|
|
|
|
|
3. Jadwal mata kuliah
|
|
|
|
|
4. Nilai mata kuliah
|
|
|
|
|
5. Transkrip akademik
|
|
|
|
|
6. Lulusan
|
|
|
|
|
7. Dosen
|
|
|
|
|
8. Pegawai
|
|
|
|
|
9. Keuangan
|
|
|
|
|
10. Inventaris
|
|
|
|
|
11. Pembayaran SPP
|
|
|
|
|
12. Perpustakaan
|
|
|
|
|
Lainnya …
|
|
|
|
|
6.4.3
Jelaskan upaya penyebaran informasi/kebijakan untuk sivitas akademika di
Fakultas/ Sekolah Tinggi (misalnya melalui surat, faksimili, mailing list, e-mail,sms, buletin).
|
6.4.4 Uraikan
rencana pengembangan sistem informasi jangka panjang dan upaya pencapaiannya.
Uraikan pula kendala-kendala yang dihadapi.
|
STANDAR 7.
PENELITIAN, PELAYANAN/PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
7. 1 Penelitian
7.1.1 Tuliskan jumlah
dan dana penelitian yang dilakukan oleh masing-masing PS di lingkungan Fakultas/Sekolah
Tinggi dalam tiga tahun terakhir dengan mengikuti format tabel berikut:
No.
|
Nama Program Studi
|
Jumlah Judul
Penelitian
|
Total Dana
Penelitian
(juta Rp)
|
||||
TS-2
|
TS-1
|
TS
|
TS-2
|
TS-1
|
TS
|
||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
(7)
|
(8)
|
1
|
PS 1: …
|
|
|
|
|
|
|
2
|
PS 2: …
|
|
|
|
|
|
|
…
|
…
|
|
|
|
|
|
|
|
Total
|
|
|
|
|
|
|
Catatan: Kegiatan yang
dilakukan bersama oleh dua PS atau lebih sebaiknya dicatat sebagai kegiatan PS
yang relevansinya paling dekat.
7.1.2 Uraikan
pandangan pimpinan Fakultas/Sekolah
Tinggi tentang data pada butir 7.1.1, dalam perspektif: kesesuaian dengan Visi
dan Misi, kecukupan, kewajaran, upaya pengembangan dan peningkatan mutu. Uraikan
pula kendala-kendala yang dihadapi.
|
7. 2 Pelayanan/Pengabdian
kepada Masyarakat
Pelayanan/Pengabdian kepada
Masyarakat adalah penerapan bidang ilmu untuk menyelesaikan masalah di
masyarakat (termasuk masyarakat industri, pemerintah, dsb.)
7.2.1 Tuliskan jumlah
dan dana kegiatan pelayanan/pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh
masing-masing PS di lingkungan Fakultas dalam tiga tahun terakhir dengan
mengikuti format tabel berikut:
No.
|
Nama Program Studi
|
Jumlah Judul
Kegiatan Pelayanan/Pengabdian kepada Masyarakat
|
Total Dana
Kegiatan Pelayanan/
Pengabdian kepada Masyarakat (juta Rp)
|
||||
TS-2
|
TS-1
|
TS
|
TS-2
|
TS-1
|
TS
|
||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
(7)
|
(8)
|
1
|
PS 1: …
|
|
|
|
|
|
|
2
|
PS 2: …
|
|
|
|
|
|
|
…
|
…
|
|
|
|
|
|
|
|
Total
|
|
|
|
|
|
|
Catatan: Kegiatan yang
dilakukan bersama oleh dua PS atau lebih agar dicatat sebagai kegiatan PS yang relevansinya
paling dekat.
7.2.2 Uraikan pandangan
Fakultas/Sekolah Tinggi tentang data pada butir 7.2.1 dalam perspektif:
kesesuaian dengan Visi dan Misi, kecukupan, kewajaran, upaya pengembangan dan
peningkatan mutu. Uraikan pula kendala-kendala yang dihadapi.
|
7.3
Kegiatan Kerjasama dengan Instansi Lain
7.3.1 Tuliskan instansi dalam negeri yang
menjalin kerjasama* dengan Fakultas/Sekolah
Tinggi dalam tiga tahun terakhir.
No.
|
Nama Instansi
|
Jenis
Kegiatan
|
Kurun Waktu Kerja Sama
|
Manfaat yang Telah Diperoleh
|
|
Mulai
|
Berakhir
|
||||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
dst.
|
|
|
|
|
|
Catatan : (*) dokumen pendukung disediakan pada
saat visitasi
7.3.2 Tuliskan
instansi luar negeri yang menjalin kerjasama*
dengan Fakultas/Sekolah Tinggi dalam tiga tahun terakhir.
No.
|
Nama Instansi
|
Jenis
Kegiatan
|
Kurun Waktu Kerja Sama
|
Manfaat yang telah
diperoleh
|
|
Mulai
|
Berakhir
|
||||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
dst.
|
|
|
|
|
|
Catatan : (*) dokumen pendukung disediakan pada
saat visitasi
DAFTAR
LAMPIRAN
A.
LAMPIRAN YANG HARUS DIKIRIM BERSAMA
BORANG YANG DIISI FAKULTAS/SEKOLAH TINGGI
No.
|
Nomor Butir
|
Keterangan
|
1
|
-
|
|
2
|
1.1
|
Dokumen Renstra dan Renop Fakultas/Sekolah Tinggi.
|
B. LAMPIRAN YANG HARUS DISEDIAKAN
FAKULTAS/SEKOLAH TINGGI PADA SAAT VISITASI
No.
|
Nomor Butir
|
Keterangan
|
1
|
2.1
|
Dokumen SOP yang terkait dengan tata pamong.
|
2
|
2.5
|
Dokumen tentang sistem penjaminan mutu di tingkat
Fakultas/ Sekolah Tinggi
|
3
|
3.1.1
|
Dokumen sistem
penerimaan mahasiswa baru yang mencakup:
(1) Kebijakan penerimaan mahasiswa baru
(2) kriteria penerimaan mahasiswa baru
(3) prosedur penerimaan mahasiswa baru
(4) instrumen penerimaan mahasiswa baru
(5) sistem pengambilan keputusan
|
4
|
5.1
|
Dokumen yang terkait dengan penyusunan dan pengembangan
kurikulum.
|
5
|
6.1.1
|
Laporan keuangan Fakultas/Sekolah Tinggi dalam tiga tahun
terakhir.
|
6
|
6.4
|
Daftar software yang
berlisensi, petunjuk pemanfaatan SIM.
|
7
|
7.1.1
|
Hasil penelitian (daftar judul) yang jumlah judulnya ada
dalam borang.
|
8
|
7.2.1
|
Hasil pelayanan/pengabdian kepada masyarakat (daftar
judul) yang jumlah judulnya ada dalam borang.
|
9
|
7.3.1
|
Dokumen pendukung kegiatan kerjasama Fakultas/Sekolah
Tinggi dengan instansi dalam negeri
|
10
|
7.3.2
|
Dokumen pendukung kegiatan kerjasama Fakultas/Sekolah
Tinggi dengan instansi luar negeri
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar