Translate

Kamis, 12 Maret 2020


SKALA PENILAIAN  PEMIMPIN ATAU MANAGER


Survei ini menggambarkan  dua puluh (20) kebiasaan yang lazim diperlihatkan oleh para manajer yang hebat dan duapuluh (20) yang lazim diperlihatkan oleh para pemimpin yang efektif.  Bacalah semua pernyataan dengan cermat.  Lalu tentukan, sebagai seorang manajer/pemimpin, prioritas yang akan anda berikan kepada tiap kebiasaan atau sifat.  Tunjukkan keputusan anda dengan melingkari nomor yang sesuai.

No.
Keterangan
Prioritas


Tertinggi
Tinggi
Penting
Biasa
Rendah
1
Bertindak keras kalau perlu.

5
4
3
2
1
2
Berbicara dengan baik kepada kelompok
5
4
3
2
1
3
Menetapkan garis disiplin yang tegas dan konsisten.
5
4
3
2
1
4
Menarik orang lain kepada pesan yang diberikan.
5
4
3
2
1
5
Memberikan lingkungan yang menimbulkan perasaan kohesif.
5
4
3
2
1
6
Mengkomunikasikan perasaan ‘bertanggung jawab.”
5
4
3
2
1
7
Mempunyai dukungan penuh mereka yang melapor kepadanya.
5
4
3
2
1
8
Mengubah karyawan menjadi pengikut.
5
4
3
2
1
9
Berusaha untuk menang dengan membiarkan karyawan juga menang.
5
4
3
2
1
10
Menarik orang lain untuk bergabung dengan kelompoknya.
5
4
3
2
1
11
Memberikan hadiah-hadiah penting untuk staf.
5
4
3
2
1
12
Menggunakan sumber-sumber kekuatan dengan cara yang sensitif dan konsisten.
5
4
3
2
1
13
Meminta pertimbangan orang lain dalam mengambil keputusan.
5
4
3
2
1
14
Memperlihatkan perasaan iba.

5
4
3
2
1
15
Etos kerja yang kuat karena pengambilan keputusan yang mantap dan tegas.
5
4
3
2
1
16
Pendengar yang baik.

5
4
3
2
1
17
Memformalkan dan “menahapkan” pengumuman komunikasi.
5
4
3
2
1
18
Menyatakan pikiran dengan jelas.

5
4
3
2
1
19
Pengambil risiko yang berhati-hati.

5
4
3
2
1
20
Memberikan informasi lengkap kepada karyawan.
5
4
3
2
1
21
Menjelaskan misi yang membangkitkan semangat.
5
4
3
2
1
22
Sangat etis.
5
4
3
2
1
23
Membangkitkan perasaan bangga dalam diri pengikut.
5
4
3
2
1
24
Mendelegasikan secara efektif.
5
4
3
2
1
25
Menghubungkan tujuan kerja jangka pendek dengan misi.
5
4
3
2
1
26
Membagi kemenangan besar dan kecil dengan staf.
5
4
3
2
1
27
Mengikutsertakan orang lain dalam kekuatan positifnya.
5
4
3
2
1
28
Membuat pekerjaan menyenangkan.
5
4
3
2
1
29
Menciptakan tempo yang aktif.
5
4
3
2
1
30
Mempertahankan sikap yang positif dan giat.
5
4
3
2
1
31
Sangat energik tidak “duduk saja di belakang meja.”
5
4
3
2
1
32
Mengakui kesalahan.
5
4
3
2
1
33
Negosiator yang baik: tahu kapan harus berkompromi.
5
4
3
2
1
34
Mengikuti langkah-langkah logis dalam mengambil keputusan.
5
4
3
2
1
35
Jika ia mengundurkan diri, orang lain akan mempertimbangkan untuk mengikutinya.
5
4
3
2
1
36
Berkonsultasi dengan orang lain dalam mengambil keputusan.
5
4
3
2
1
37
Mengembangkan komitmen dengan alasannya.
5
4
3
2
1
38
Menggunakan peran managemen dengan kepekaan
5
4
3
2
1
39
Mempertahankan prinsipnya secara tegas.
5
4
3
2
1
40
Dihormati oleh para karyawan ketika wewenang digunakan.
5
4
3
2
1

 

 
Semua kebiasaan di atas yang didapatkan pada manajer yang efektif mempunyai angka ganjil.  Kebiasaan-kebiasaan yang tidak selalu terdapat pada manajer, tetapi biasanya terdapat pada pemimpin mempunyai angka genap.

Jumlah semua angka yang dilingkari pada pernyataan yang berangka ganjil dan masukkan ke dalam kotak ini.

                                                Kebiasaan.
                                                Manajemen.

Jumlahkan semua angka yang dilingkari pada pernyataan yang berangka genap dan masukkan ke dalam kotak ini.3
                                                Kebiasaan
                                                Kepemimpinan.
 














KUIS UNUK MENGETAHUI APAKAH ANDA SEBAGAI PEMIMPIN
KRISTIANI MEMILIKI SIKAP POSITIF ATAU SIKAP NEGATIF
TERHADAP PERUBAHAN


Petunjuk:
Evaluasi diri Anda sendiri dengan menuliskan tanda “X” pada kriteria berikut:

S = Selalu       KK = Kadang-kadang             TP = Tidak Pernah

No.
Keterangan
S
KK
TP
1
Bersifat terbuka:  Mau menerima ide baru, dan perbedaan pendapat dari orang lain, mau menerima adanya cara lain yang ternyata lebih efektif dari cara lama.



2
Bersifat fleksibel:  Mudah berinteraksi dengan orang lain, situasi baru, informasi dan pengembangan baru, serta mudah merespon setiap situasi dan kondisi yang tak terduga.



3
Sensitif:  Peka terhadap situasi dan kondisi.  Mengetahui kebutuhan harapan dan perasaan orang lain akibat adanya perubahan.



4
Kreatif:  Menghindarkan jawaban klise.  Selalu ingin mencoba sesuatu yang baru.



5
Berorientasi kepada manusia:  Penuh perhatian terhadap apa yang terjadi pada para staf ketika mereka sedang bertugas.  Selalu siap mendukung, memberikan informasi yang bermanfaat dan mengajak berpikir untuk mencari solusi pmecahan masalah.



6
Berorientasi pada tujuan:  Perencanaan dan hasil akhir.  Mau mengajak setiap orang untuk bekerja bersama mencapai tujuan akhir.



7
Memahami Kelompoknya.  Mau mengerti dan memahami karakter kelompoknya.



8
Mau Merubah Konsep:  Fleksibel dalam pendirian/persepsi.



9
Merubah nilai:  Bersedia merevisi norma/standard yang tidak sesuai lagi dengan zaman.



10
Merubah citra diri:  Mau merubah penampilan diri ke arah yang lebih baik.



11
Merubah peran:  Bersedia merubah peran yang ada dengan yang lebih fleksibel.



12
Merubah cara hidup:  Lebih sering berada di tempat sehingga mudah ditemui.



13
Merubah tujuan akhir:  Bila tidak lagi sesuai dengan tuntutan/kebutuhan.



14
Merubah masyarakat:  Siap merubah pendapat masyarakat yang tidak ingin mengikuti lajunya perubahan.




Catatan:
Tidak ada jawaban benar atau salah untuk kuis ini.  Bila jawaban Anda lebih banyak “S”, artinya Anda siap mengikuti laju perubahan.  Bika “KK” atau TP” yang banyak, maka Anda harus belajar merubah diri Anda agar mampu mengikuti perubahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN

  BAB 1 PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN   A. Pengertian Pendidikan (secara umum): 1. Apakah arti pendidikan ? Lebih daripada sekedar s...