Translate

Rabu, 09 September 2020

2020 ABSTRAK

 

SEKOLAH TINGGI TEOLOGI ANUGERAH INDONESIA

 

 

Implementasi Pengembangan Pengajaran tentang Pembentukan Iman

 Kepada Anak Berdasarkan Kitab Ulangan 6 : 4 - 9                                                                                         di Jemaat Gereja Bethel Injil Sepenuh

Yerusalem Baru Surabaya

 

 

 

 

 

DISERTASI

 

 

 

 

Diajukan Kepada Sekolah Tinggi Teologi Anugerah Indonesia Untuk

Memenuhi Sebagai Syarat Guna Memperoleh

Gelar Doktor

 

 

 

 

Oleh :

Eko Basuki

NIM : 1418135.DT

 

 

 

 

SURABAYA

2020

ABSTRAK

 

Nama                                                   : Eko Basuki

Tanggal gelar diberikan  Gelar                          : -

Sekolah                                                                 : Sekolah Tinggi Teologi Anugerah Indonesia

Judul                                                                : Implementasi Pengembangan Pengajaran

tentang Pembentukan Iman Kepada Anak

Berdasarkan Ulangan 6;4-9 di Jemaat

Gereja Bathel Injil Sepenuh Yerusalem

Baru Surabaya

 

Kata Kunci                                                    : Pengembangan Pengajaran tentang pembentukan iman kepada anak, tentang mengasihi Tuhan, mengajarkan secara berulang-ulang dan mengajarkan melalui tanda pengingat.

 

 

Latar Belakang

Jika sebuah sinode organisasi gereja lokal (orang Kristen) memiliki Pengakuan Iman Rasuli sebagai pengakuan imannya, maka orang Israel memiliki Ulangan 6:4-5 yang dikenal sebagai SHEMA Israel. Shema sendiri adalah bahasa Ibrani yang artinya "dengarlah". Disebut Shema, karena memang rumusan pengakuan itu diawali dengan seruan "Dengarlah."

Kalau kita membaca ayat 7-9, maka kita mendapati bahwa transfer of knowledge disini juga melibatkan keseluruhan hidup si pendidik.[1] Ini dapat kita baca dari kalimat, "membicarakannya apabila engkau duduk di rumahmu, apabila engkau sedang dalam perjalanan, apabila engkau berbaring, dan apabila engkau bangun. Haruslah juga engkau mengikatkannya sebagai tanda pada tanganmu dan haruslah itu menjadi lambang di dahimu, dan haruslah engkau menuliskannya pada tiang pintu rumahmu, dan pada gerbangmu." Jadi Firman Tuhan itu harus dibicarakan saat di dalam rumah; di luar rumah; ketika hendak tidur; maupun ketika bangun tidur. Jadi dalam seluruh aktivitas kita ketika terjaga, Firman TUHAN senantiasa diajarkan. Terkait dengan pola pengajaran, para orang tua di GBIS Yerusalem Baru Surabaya sepertinya belum melaksanakan pengajaran pendidikan agama kristen yang tepat seperti yang diajarkan dalam Alkitab. Hal itu mungkin disebabkan karena kesibukan orang tua mencari nafkah (bekerja), sehingga orang tua kurang memerhatikan tentang pilihan pola mengajar yang diterapkan kepada anak. Dengan demikian kurang kesempatan berinteraksi antara orang tua dan anak. Kurangnya intensitas interaksi tersebut menyebabkan banyak orang tua yang tidak berkesempatan mengajarkan syema ataupun pengajaran iman Kristen dengan baik kepada anak-anak.

 

Masalah Penelitian

Disertasi ini diawali dengan paparan latar belakang masalah, lalu dimunculkan tiga permasalahan, yaitu:

1.      Bagaimana kecenderungan tingkat Imlementasi Pengembangan Pengajaran tentang Pembentukan Iman Kepada Anak Berdasarkan Kitab Ulangan 6:4-9   Di Jemaat Gereja Bathel Injil Sepenuh Yerusalem Baru Surabaya

2.      Dimensi apakah dari variabel independen yang paling dominan mempengaruhi Implementasi Pengembangan Pengajaran tentang Pembentukan Iman Kepada Anak Berdasarkan Kitab Ulangan 6:4-9 Di Jemaat Gereja Bathel Injil Sepenuh Yerusalem Baru Surabaya.

3.      Kategori latar belakang apakah dari (suku, bentuk kekristenan, gereja lokal, jenis kelamin, pendidikan dan usia) yang dominan mempengaruhi Implementasi Pengembangan Pengajaran tentang Pembentukan Iman Kepada Anak Berdasarkan Kitab Ulangan 6:4-9 Di Jemaat Gereja Bathel Injil Sepenuh Yerusalem Baru Surabaya

 

Tujuan Penelitian

Sesuai dengan rumusan masalah tersebut di atas, maka secara rinci  penelitian ini bertujuan:

1.      Untuk mengetahui kecenderungan tingkat Implementasi Pengembangan Pengajaran tentang Pembentukan Iman Kepada Anak Berdasarkan Kitab Ulangan 6:4-9 Di Antara Jemaat GBIS Yerussalem Baru  Surabaya.

2.      Untuk mengetahui dimensi dari variabel independen yang paling dominan

mempengaruhi Implementasi Pengambangan Pengajaraan tentang Pembentukan Iman Kepada Anak Berdasarkan  Kitab Ulangan 6:4-9 di Jemaat GBIS Yerusalem Baru.   

3.      Untuk mengetahui kategori latar belakang apakah yang dominan mempengaruhi Implementasi Pengembangan Pengajaran tentang Pembentukan Iman Kepada Anak Berdasarkan Kitab Ulangan 6:4-9 di Jemaat Gereja Bathel Injil Sepenuh Yerusalem Baru Surabaya.

 

Metode Penelitian

Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian survei dengan pengambilan data melalui angket. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei yang bersifat eksplanatori Konfimiaturi. Peneliti memakai survei untuk mendapatkan data tentang Implementasi Pengembangan Pengajaran tentang Pembentukan Iman Kepada Anak Berdasarkan Kitab Ulangan 6:4-9 dengan menggunakan skala liken dengan jawaban: sangat setuju, setuju, ragu-ragu, tidak setuju, dan sangat tidak setuju. Untuk mendapatkan instrumen penelitian yang valid dan reliable, maka ke 45 butir pernyataan terlebih dahulu dilakukan uji validitatas oleh tiga orang tim ahli STT Anugerah Surabaya, setelah butir pernyataan dinyatakan valid maka diadakan ujicoba kepada 30 orang responder. Dari uji coba dihasilkan bentuk angket 43 butir pernyataan. Angket kemudian disebar kepada 35 responden.

 

Temuan Penelitian

Uji hipoDisertasi pertama

4.      Diduga kecenderungan tingkat Implementasi Pengembangan Pengajaran  tentang Pembentukan Iman Kepada Anak Berdasarkan Kitab Ulangan 6:4-9 di Jemaat Gereja Bathel Injil Sepenuh Yerusalem Baru Surabaya ada pada kategori rendah menuju sedang. Setelah dilakukan pengujian hipoDisertasi ternyata hasilnya, "Kecenderungan tingkat Implementasi Pengembangan Pengajaran  tentang Pembentukan Iman Kepada Anak Berdasarkan Kitab Ulangan 6;4-9 di Jemaat Gereja Bathel Injil Sepenuh Yerusalem Baru Surabaya" ada pada kategori sedang, sehingga dengan demikian dugaan kecenderungan tingkat Implementasi Pengembangan Pengajaran tentang Pembentukan Iman Kepada Anak Berdasarkan Kitab Ulangan 6:4-9 di Antara Jemaat GBIS Yerusalem Baru  Surabaya ada pada kategori rendah menuju sedang." , adalah TIDAK TERBUKTI.

 

 

Uji hipoDisertasi dua

Diduga dimensi yang paling dominan mempengaruhi Implementasi Pengembangan Pengajaran tentang Pembentukan Iman Kepada Anak Berdasarkan Kitab Ulangan 6:4-9 di Antara Jemaat GIBS Yerusalem Baru Surabaya adalah mengajarkan secara berulang-ulang. Setelah dilakukan pengujian hipoDisertasi ternyata hasilnya, "Dimensi yang paling dominan adalah dimensi Mengajarkan Secara berulang-ulang, sehingga dengan demikian dugaan dimensi yang paling dominan mempengaruhi Implementasi Pengembangan Pengajaran tentang Pembentukan Iman Kepada Anak Berdasarkan Kitab Ulangan 6:4-9 di Antara Jemaat GIBS Yerusalem Baru Surabaya adalah mengajarakan secara berulang-ulang. adalah TERBUKTI.

 

HipoDisertasi ketiga

Diduga kategori latar belakang yang paling dominan (dari suku, bentuk kekristenan, gereja asal, jenis kelamin, pendidikan dan usia) mempengaruhi Implementasi Pengembangan Pengajaran tentang Pembentukan Iman Kepada Anak Berdasarkan Kitab Ulangan 6:4-9 Di Antara Jemaat GIBS Yerusalem Baru  Surabaya adalah latar belakang pendidikan. Setelah dilakukan pengujian hipoDisertasi ternyata hasilnya yang memengaruhi Implementasi Pengembangan Pengajaran tentang  Pembentukan Iman Kepada Anak Berdasarkan Kitab Ulangan 6:4-9 di Jemaat GIBS Yerussalem Baru  Surabaya adalah latar belakang bentuk kekristenan. sehingga dengan demikian, hipoDisertasi ketiga yang berbunyi Kategori latar belakang yang paling dominan mempengaruhi Implementasi Pengembangan Pengajaran tentang Pembentukan Iman Kepada Anak Berdasarkan Kitab Ulangan 6:4-9 di Jemaat Gereja Bathel Injil Sepenuh Yerusalem Baru Surabaya adalah latar belakang pendidikan adalah TIDAK TERBUKTI.

Implikasi

Berdasarkan temuan di atas, maka penulis mengusulkan Implikasinya sebagai berikut: Rencana Strategis (Renstra) bagi GBIS Yerusalem Baru Surabaya untuk jangka pendek (waktu dekat), jangka menengah, dan jangka panjang mengacu kepada visi misi GBIS. (a) Dengan memberi pemahaman yang benar kepada setiap orang tua, mengenai Implementasi pengembangan pengajaran tentang pembentukan iman kepada anak secara terprogram dan berkelanjutan. (b). Pelaksanaan Implementasi pengembangan pengajaran tentang pembentukan iman kepada anak' dengan sangat menekankan pada aspek membicarakan berulang-­ulang saat berbaring dan saat bangun karena kedua indikator tersebut yang dominan mempengaruhi Implementasi Pengembangan Pengajaran tentang Pembentukan Iman Kepada Anak di Jemaat GIBS Yerusalem Baru  Surabaya. (c) Meningkatkan Implementasi Pengembangan Pengajaran tentang Pembentukan Iman Kepada Anak di Jemaat Gereja Bathel Injil Sepenuh Yerusalem Baru Surabaya, dengan penginjilan ulang kepada orang tua jemaat. Dengan demikian sangat prioritas mengubah kekristenan para orang tua jemaat dari bentuk kekristenan keturunan dengan memberikan ke bentuk Kristen pertobatan.

 

 

 

 

Halaman Persetujuan Dosen Pembimbing

 

 

Diterima untuk Memenuhi Sebagian Syarat Memperoleh

Gelar Doktor Theologi (D.Th.)

 

 

di Sekolah Tinggi Teologi Anugerah Indonesia

 

 

 

 

Pada Tanggal

 

 

 

 

 

 


Pembimbing Disertasi

 

 

 

1.      Dr. Ir. Andreas Joswanto, M.M.,M.Th.

Pembimbing  I

 

 

 

 

2.      Dr. Aji Sukrisno, M.Pd. 

Pembimbing II

 


 

Persetujuan Tim Penguji

 

 

Dipertahankan di Depan Dewan Penguji Disertasi Sekolah Tinggi Teologi Anugrah Indonesia dan Diterima Untuk Memenuhi Sebagaian dari Syarat-syarat Guna Memperoleh Gelar Doktor (D.Th.)

 

Pada Tanggal:

 

 

Dewan Penguji

 

 

Promotor I     : Dr. Tan Lie Lie, M.Th., M.Pd.                                                     

 

Promotor II    : Dr. Alvonce Poluan, M.Pd.                                                           

 

Promotor III  : Dr. Adi Prasetyo Wibowo, M.Th.                                                

 

Promotor IV  : Dr. Stefanus Dully, M.Pd.                                                             

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

HALAMAN PENGESAHAN

Disertasi ini telah disahkan
Oleh
Ketua Sekolah Tinggi Teologi Anugerah Indonesia

Dr. Alvonce Poluan, M.Pd.

 

 

 

 

KATA PENGANTAR

Peneliti mempersembahkan puji syukur kepada Tuhan Yesus Kristus, yang telah menganugerahkan berkat: kesehatan, kekuatan; dan kemampuan, sehingga peneliti dapat menyelesaikan Disertasi: dengan judul "Implementasi Pengembangan Pengajaran tentang Pembentukan Iman Kepada Anak Berdasarkan Kitab Ulangan 6;4-9 Di Jemaat Gereja Bathel Injil Sepenuh Yerusalem Baru Surabaya"

Selama menjalani studi ini, hingga pada penelitian dan tahap penulisan Disertasi, banyak pihak yang membantu peneliti untuk mengerjakannya, sehingga tidak bisa disebutkan satu persatu. Untuk itu peneliti mengucapkan banyak terima kasih yang tutus kepada:

1.  Dr. Alvonce Poluan, M.Pd. Selaku Ketua Sekolah Tinggi Teologi Anugerah Indonesia yang mengesahkan hasil penelitian disertasi ini.

2.  Dr. Ir. Andreas Joswanto, M.M., M.Th. Pembimbing juga selaku pembimbing satu, yang setia dan sabar memberikan arahan petunjuk – petunjuk praktis sehingga disertasi ini dapat peneliti selesaikan.

3.  Dr. Aji Sukrisno, M.Pd. dua yang penuh kesabaran memberi masukan dan beimbingan sehingga peneliti dapat menyelesaikan disertasi ini

4.  Dr. Tan Lie Lie, M.Th., M.Pd. yang telah berkenan memvalidasi koesioner (angket) dengan sangat baik, sehingga sangat sangat membatu penyelesaian disertasi ini.

5.  Bapak / ibu pendeta selaku memberi ijin peneliti untuk mengadakan penelitian di daerah pelayanan sehingga Disertasi ini dapat peneliti selesaikan

6.  Para jemaat GBIS Yerusalem Baru Surabaya yang telah mengisi angket (koesioner) sebagai data sangat diperlukan oleh peneliti, sehingga proses penelitian dapat diselesaikan

7.  Sumphi Prihaningrum Sayekti, SE. (istri) dan Thea Desyanti, SE (anak ke 1) dan Yonatan Chilyon Septheo (anak ke 2)

8.  Tim Pendidik, Pengajar, dan Pembina (TP3) Yerusalem Baru, dan semua pihak yang tidak dapat peneliti sebutkan disini atas dorongan, saran serta segala bantuan yang berupa materiel dan moril sehingga Disertasi ini terselesaikan dengan baik.

 

Surabaya, 10 Agustus 2020

 

Peneliti

 

DAFTAR ISI

 

 

HALAMAN JUDUL............................................................................        i

ABSTRAK............................................................................................        ii

PERSETUJUAN DOSEN PEMBIMBING.....................................                      viii      

PERSETUJUAN DOSEN PENGUJI..............................................                      ix

HALAMAN PENGESAHAN............................................................                     x

KATA PENGANTAR........................................................................                     xii

DAFTAR ISI........................................................................................                     xiii

DAFTAR GAMBAR..........................................................................                     xvii

DAFTAR TABEL...............................................................................                     xix

DAFTAR LAMPIRAN.......................................................................                    xxi

 

BAB I: PENDAHULUAN

Latar Belakang............................................................                        1

Identifikasi Masalah...................................................                        13       

Batasan Masalah.........................................................                        16

Rumusan Masalah Penelitian..........................            ……..              18

Penjelasan lstilah........................................................             19

Tujuan Penelitian.......................................................             22

Kepentingan Teoritis........................................           ……..              22

Kepentingan Praktis.........................................           ……..              23       

 

 

BAB II: LANDASAN TEORI, KERANGKA BERPIK1R,

    DAN RUMUSAN HIPODISERTASI

 

Latar belakang PL: Bangsa, Agama, dan Budaya Yahudi......................       24

            Bangsa Yahudi..............................................................................     24

Agama Yahudi...............................................................................     24

Budaya Yahudi..............................................................................     24

 

Prinsip Pendidikan dalam PL..................................................................       25

            Seluruh Kebenaran Adalah Kebenaran Allah............................         25

            Pendidikan Berpusat Pada Allah................................................        25

            Pendidikan adalah kegiatan Utama.............................................       25

            Tempat pendidikan......................................................................       26

                        Di Rumah.........................................................................       26

Aplikasi .....................................................................................................     31

Landasan Teori...................................................................................        32

Tinjauan tentang Kitab Ulangan.................................................        32

Waktu Penulisan Kitab Ulangan.................................................        33       

Penulis Kitab Ulangan................................................................        34       

Tujuan Penulisan Kitab Ulangan................................................        35       

Garis Besar Kitab Ulangan.........................................................        38       

Inti Ulangan 6: 4-9......................................................................        39

           

Implementasi Pengembangan Pengajaran tentang Pembentukan Iman

Kepada Anak Berdasarkan Kitab Ulangan 6:4-9...................................        51

Mengajarkan Tentang Mengasihi Tuhan....................................         51       

Mengasihi Tuhan dengan Segenap Hati.........................        53       

Mengasihi Tuhan dengan Segenap Jiwa.........................        56       

Mengasihi Tuhan dengan Segenap Kekuatan................         59       

Mengajarkan Secara Berulang-ulang.........................................         60       

Membicarakan Berulang-ulang Saat di Rumah..............        64       

Membicarakan Berulang-ulang Saat di luar rumah........         68

Membicarakan Berulang-ulang Saat Berbaring..............        69       

Membicarakan Berulang-ulang Saat Bangun.................         71       

Mengajarkan Melalui Tanda Pengingat.....................................         72       

Membuat Tanda Pengingat di Badan..............................       73       

Membuat Tanda Pengingat di Tangan...............         75 

Membuat Tanda Pengingat di Dahi...................         77       

Membuat Tanda Pengingat di Rumah............................        80       

Membuat Tanda Pengingat di Pintu Rumah….          81

Membuat Tanda Pengingat di Pintu Gerbang            ...............         82

 

Rangkuman ...........................................................................................         84

 

Kerangka Berpikir.......................................................................................    85

Perumusan HipoDisertasi......................................................................          …..      93 

           

BAB III: METODOLOGI PENELITIAN..............................................   94

Tempat dan Waktu Penelitian.......................................................      94

Metode Penelitian.........................................................          ..................      95

Populasi dan Sampel......................................................................     100

Teknik Pengumpulan Data............................................................      101

Instrumen Penelitian......................................................................     103

Kisi-kisi Instrumen Uji Coba.........................................................     106

Kalibrasi Instrumen........................................................................     107

Validasi dan Reliabilitasi Instrumen........................................           …..      113

Instrumen Final.........................................................................          …..      114

Teknik Analisa Data.................................................................          …..      118     

 

BAB IV: ANALISA DATA PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

Deskripsi Data Hasil Penelitian...................................           ..................      124     

Deskripsi Data Jawaban Responden Tentang

Metode Pengajaran Iman kepada Anak (Y)......................     124     

 

Deskripsi Data Jawaban Responden Tentang

Mengajarkan  tentang Mengasihi Tuhan(D1)..................       131     

 

Deskripsi Data Jawaban Responden Tentang

Mengajarkan secara berulang-ulang(D2)..........................      132     

 

Deskripsi Data Jawaban Responden Tentang

Mengajarkan melalui Tanda Pengingat(D3)....................       132

 

Pengujian Persyaratan Analisis..................................................................     133     

Uji Normalitas Data tentang Metode Pengajaran

Iman kepada Anak (Variabel Y).......................................      133

           

Uji Normalitas Data tentang Metode Pengajaran Mengajarkan tentang Mengasihi Tuhan (D1).........................................            135     

 

Uji Normalitas Data tentang Metode Pengajaran Mengajarkan secara berulang-ulang (D2)..............................................       137

 

Uji Normalitas Data tentang Metode Pengajaran Mengajarkan melalui Tanda Pengingat (D3).........................................            139

           

Uji Linearitas....................................................          .................       141     

Uji Homogenitas...............................................................      142     

Analisa Hasil Penelitian............................................................................      143     

Uji Asumsi Klasik............................................           .................       143     

Uji Multikolinearitas ..........................................        143     

Uji Auto Korelasi ...............................................        144     

Uji Heterokedastisitas ........................................        145

 

Pengujian HipoDisertasi............................................................................     146

Pengujian HipoDisertasi 1 (Kecenderungan Implementasi)…..         147

 

Kecenderungan Implementasi tentang

Mengajarkan tentang Mengasihi Tuhan………………          148     

 

Kecenderungan Implementasi tentang

Mengajarkan secara berulang-ulang.............................           149

 

Kecenderungan Implementasi tentang

Mengajarkan melalui Tanda Pengingat………………           141     

 

Kecenderungan Implementasi Pengembangan Pengajaran tentang

Pertumbuhan Iman Kepada Anak..................................        142

 

Pengujian HipoDisertasi 2 (Uji Dominas).............................              155

Pengujian HipoDisertasi 3 (Uji Latar Belakang)....................                        157

Pembahasan Hasil Penelitian................................................................                      154

Pembahasan HipoDisertasi 1 (Kecenderungan Implementasi)                       162

Pembahasan HipoDisertasi 2 (Uji Dominasi) .......................              163     

Pembahasan HipoDisertasi 3 (Uji Latar Belakang)...............             164

 

BAB V KESIMPULAN, IMPLIKASI, DAN SARAN....................                     168     

Kesimpulan...............................................................................                      168     

Implikasi ...................................................................................         173     

Saran..........................................................................................                     189     

Saran Secara Teoritis...................................................                        189     

Saran Secara Praktis.....................................................                       189     

 

DAFTAR PUSTAKA..........................................................................                      191     

LAMPIRAN-LAMPIRAN..................................................................                      198     

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR GAMBAR

 

2.1.Tanda Filakteria pada Tangan dan Dahi........................................                       34       

2.2. Feterin di Kening dan Dahi ..........................................................                      35       

2.3. Mezuzah di Kusen........................................................................                       36       

2.4. Macam Variasi Mezuzah...............................................................                       37       

2.5. Mezuzah di Palang dan di Pintu....................................................                      38       

2.6. Metode pengajaran Iman kepada Anak........................................                       40       

2.7. Kecenderungan Tingkat Implementasi Metode Pengajaran.......                         78       

2.8, Dimensi yang Dorninan memengarui Implementasi..................             80       

2.9. Kategori Latar Belakang yang Dominan......................................                       82

.1. Prediksi Metode Hubungan Variable.............................................                       89       

4.1. Responden menurut Suku ............................................................                       116     

4.2. Responden menurut Bentuk Kekristenan.....................................                       117     

4 3. Responden menurut Asal Gereja...................................................                      118     

4.4. Responden menurut Jenis Kelamin...............................................                       119     

4.5. Grafik Tingkat Pendidikan Responden.........................................                      120

4.6. Responden menurut Kelompok Umur...........................................                      121

4.7. Grafik Output Normalitas PP-Plot Variabel Y..............................                      125  

4.8. Grafik Output Detrended Variabri Y.............................................                     126     

4.9. Graf-1k Output Nonnalitas DI.......................................................                     127     

410. Grafik Output Detrended DI .......................................................                     128

411. Grafik Output Nonnalitas PP-Plot D2.........................................                       129

4.12. Grafik Output Detrended D2......................................................                      130

413. Grafik Output Normalitas PP-Plot D3.........................................                      131

414. Grafik Output Detrended D3........................................................                     132

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR TABEL

 

Tabel

3.1. Nama-nama Responden Uji Coba.................................................                      92       

3.2. Telmik Pengumpulan Data Untuk Setiap Variabel.......................                       93       

3.3 Bobot Penilaian Menurut Skala Likert...........................................                      95       

3.4. Kisi-Kisi Instrumen Penelitian Variabel Y....................................                      98       

3.5. Hasil Iterasi Orthogonal 1 Variabel Y...........................................                      100     

3.6 Hasil Iterasi Orthogonal 2 Variabel Y............................................                      102     

37 Hasil Uji Coba Reliabilitas Variabel Y...........................................                       104     

3.8 Indeks Reliabilitas...........................................................................                     104     

3.9 Kisi-Kisi Instrumen Penelitian Vinal..............................................                      106     

3.10 Bobot Penilaian Menurut Skala Likert.........................................                      107     

3.11 Interval Pembahasan Variabel Y..................................................                      112     

4.1. Responden Menurut Suku..............................................................                     116     

4.2 Responden Menurut. Bentuk Kekristenan......................................                     117     

4.3 Responden Menurut Asal Gereja....................................................                      118     

4.4 Responden Menurut Jenis Kelamin................................................                      119     

4.5 Responden Menurut Pendidikan.....................................................                     120     

4.6 Responden Menurut Kelompok Umur...........................................                      121     

47 Tabel Deskripsi Statistik..................................................................                      122

4.8 Tabel Uji Linearitas..........................................................................         133

4.9 Tabel Uji Homogenitas...................................................................                      133     

4.10 Hasil Uji Multikolinearitas...........................................................                       135     

4.11 Hasil Uji Autokorelasi..................................................................                      136     

4.12 Hasil Uji Heterokedastisitas..........................................................                     137     

4.13 Deskripsi Data Mengajarkan tentang Mengasihi.........................                       138     

4.14. Deskripsi Data Mengajarkan secara Berulang-ulang..................                       140     

4.15 Deskripsi Data Mengajarkan melalui Tanda Pengingat...............                       141     

4.16 Deskripsi Data Pola Pengajaran Iman Kepada Anak...................                      143     

4.17 Rekapitulasi Hasil Uji HipoDisertasi 1.........................................                      143     

4.18 Uji Dimensi yang Dominan .........................................................                      144     

4.19 Uji Indikator yang Dominan.........................................................                      145     

4.20 Uji Latar Belakang Dominan.........................................................         146     

5.1 Jadwal Ibadah PKP Tahun 2015 GBIS Yerusalem Baru Surabaya        

            ........................................................................................................... 165     

5.2 Jadwal Ibadah PKW Tahun 2015 GBIS Yerusalem Baru Surabaya       

            ........................................................................................................... 166     

5.3 Jadwal Ibadab KPR Tahun 2015 GBIS Yerusalem Baru Surabaya        

            ........................................................................................................... 166     

5.4 Jadwal Tema Per minggu Ibadah Keluarga GBIS

Yerusalem Baru Surabaya, Tahun 2015..........................................                168     

5.5 Jadwal Tema Per minggu Pengajaran Iman Kepada Anak

GBIS Yerusalem Baru Surabaya, Tahun 2015................................               169

5.6 Rancangan Program Peningkatan Implementasi

Pengajaran PAK dalam Pembentukan Iman Kepada Anak.............              169

 

DAFTAR LAMPIRAN

 

Lampiran

2.1. Surat Penunjukan Pembimbing Disertasi......................................                       182     

2.2. Surat Permohonan Validasi............................................................                     182     

2.3. Angket untuk Tim Validasi............................................................                     184     

2.4. Hasil Validasi Angket....................................................................                      188     

2.5. Surat Ijin Penelitian dan Pengumpulan Data

No. 100/Ket.BA/STTB/VIII/2015 ...........................................                     190     

3.1. Kuesioner Penelitian 45 Butir........................................................                      191     

3.2. Tabulasi Data Jawaban 30 Responden 45 Butir............................                      198     

3.3. Hasil Uji Coba Validitas 45 Butir..................................................                      202     

3.3A Hasil Uii Coba Validitas 43 Butir................................................                      206     

3.4. 1-lasil Uji Coba Reliabilitas 43 Butir............................................                       210      

3.5. Tabulasi Data Jawaban 35 Responden 43 Butir ...........................                      211     

3.6. Biodata 35 Responden...................................................................                     216     

4.1. Hasil Uji Normalitas.......................................................................         218     

4.2. (Ai Linearitas .................................................................................                     223     

4.3. Uji Homogenitas............................................................................                      226     

4.4. Uji Multikolinearitas......................................................................                      227     

4.5. Uii Heterokedastisitas....................................................................                      228     

4.6. Uji Autokorelasi.............................................................................                      229     

4.7. Deskripsi Data................................................................................                     230     

4.8. Uii HipoDisertasi 1 (Uji Frekuensi/Kecendentnean Pemahaman)           231     

4.9. Uji HipoDisertasi 2 (Hasil Uji Beta/Dominan).............................                       232     

4.10. Uji HipoDisertasi 3 (Kategori Latar Belakang)...........................                      233     

4.11. Pernyataan Keaslian Tulisan........................................................                      234

 



1Prof. DR. H.A.A.R. Tilar, M,SC,ED.Pendidikan merupakan proses manusiawi antara peserta didik dan pendidik yang bertujuan etis mengembangkan kepribadian peserta didik seutuhnya” Kaleidoskop Pendidikan Nasional. Hal.964.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN

  BAB 1 PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN   A. Pengertian Pendidikan (secara umum): 1. Apakah arti pendidikan ? Lebih daripada sekedar s...