SEKOLAH TINGGI TEOLOGI ANUGERAH
INDONESIA
Implementasi Pengembangan
Pengajaran tentang Pembentukan Iman
Kepada Anak Berdasarkan Kitab Ulangan 6 : 4 - 9
di
Jemaat Gereja Bethel Injil Sepenuh
Yerusalem Baru Surabaya
DISERTASI
Diajukan Kepada Sekolah Tinggi
Teologi Anugerah Indonesia Untuk
Memenuhi Sebagai Syarat Guna
Memperoleh
Gelar Doktor
Oleh :
Eko Basuki
NIM : 1418135.DT
SURABAYA
2020
ABSTRAK
Nama : Eko Basuki
Tanggal gelar
diberikan Gelar :
-
Sekolah : Sekolah Tinggi Teologi Anugerah Indonesia
Judul
: Implementasi
Pengembangan Pengajaran
tentang Pembentukan Iman Kepada Anak
Berdasarkan Ulangan 6;4-9 di Jemaat
Gereja Bathel Injil Sepenuh Yerusalem
Baru Surabaya
Kata Kunci
: Pengembangan Pengajaran tentang
pembentukan iman kepada anak, tentang mengasihi Tuhan, mengajarkan secara berulang-ulang dan mengajarkan melalui tanda
pengingat.
Latar Belakang
Jika sebuah sinode organisasi
gereja lokal (orang Kristen) memiliki Pengakuan Iman Rasuli sebagai pengakuan imannya, maka
orang Israel memiliki Ulangan 6:4-5 yang dikenal sebagai SHEMA Israel. Shema sendiri adalah bahasa Ibrani yang artinya
"dengarlah". Disebut Shema, karena
memang rumusan pengakuan itu diawali dengan seruan
"Dengarlah."
Kalau kita membaca ayat 7-9, maka kita mendapati bahwa transfer of
knowledge disini juga melibatkan keseluruhan
hidup si pendidik.[1]
Ini dapat kita baca dari kalimat,
"membicarakannya apabila engkau duduk di rumahmu, apabila engkau sedang dalam perjalanan, apabila engkau berbaring,
dan apabila engkau bangun.
Haruslah juga engkau mengikatkannya sebagai tanda pada tanganmu dan haruslah itu menjadi lambang di dahimu, dan haruslah
engkau menuliskannya pada tiang
pintu rumahmu, dan pada gerbangmu." Jadi
Firman Tuhan itu harus dibicarakan saat di dalam rumah; di luar rumah; ketika
hendak tidur; maupun ketika bangun tidur. Jadi dalam seluruh aktivitas kita ketika terjaga,
Firman TUHAN senantiasa diajarkan. Terkait
dengan pola pengajaran, para orang tua di GBIS Yerusalem Baru Surabaya sepertinya belum melaksanakan pengajaran pendidikan agama
kristen yang tepat seperti
yang diajarkan dalam Alkitab. Hal itu
mungkin disebabkan karena kesibukan orang tua mencari nafkah
(bekerja), sehingga orang tua kurang memerhatikan tentang pilihan pola mengajar yang diterapkan kepada anak. Dengan
demikian kurang kesempatan
berinteraksi antara orang tua dan anak. Kurangnya intensitas interaksi tersebut
menyebabkan banyak orang tua yang tidak berkesempatan mengajarkan syema ataupun pengajaran iman Kristen dengan baik kepada anak-anak.
Masalah Penelitian
Disertasi ini diawali dengan paparan latar belakang masalah, lalu
dimunculkan tiga permasalahan, yaitu:
1.
Bagaimana kecenderungan tingkat Imlementasi Pengembangan Pengajaran tentang Pembentukan Iman Kepada Anak Berdasarkan Kitab Ulangan 6:4-9 Di Jemaat Gereja Bathel Injil Sepenuh Yerusalem Baru Surabaya
2.
Dimensi apakah dari variabel independen yang paling dominan mempengaruhi Implementasi Pengembangan Pengajaran tentang Pembentukan Iman Kepada Anak Berdasarkan Kitab Ulangan 6:4-9 Di
Jemaat Gereja Bathel Injil Sepenuh Yerusalem Baru Surabaya.
3.
Kategori latar belakang apakah dari (suku, bentuk kekristenan, gereja lokal,
jenis kelamin, pendidikan dan usia)
yang dominan mempengaruhi
Implementasi Pengembangan Pengajaran
tentang Pembentukan Iman Kepada
Anak Berdasarkan Kitab Ulangan
6:4-9 Di Jemaat Gereja Bathel Injil Sepenuh Yerusalem Baru
Surabaya
Tujuan Penelitian
Sesuai dengan rumusan masalah tersebut di atas, maka
secara rinci penelitian ini bertujuan:
1. Untuk mengetahui
kecenderungan tingkat Implementasi Pengembangan Pengajaran tentang Pembentukan Iman Kepada Anak
Berdasarkan Kitab Ulangan 6:4-9 Di Antara Jemaat GBIS Yerussalem Baru Surabaya.
2.
Untuk mengetahui dimensi dari variabel independen yang paling dominan
mempengaruhi
Implementasi Pengambangan Pengajaraan tentang
Pembentukan Iman Kepada Anak
Berdasarkan Kitab Ulangan 6:4-9 di Jemaat GBIS Yerusalem Baru.
3.
Untuk mengetahui kategori latar belakang apakah yang dominan mempengaruhi
Implementasi Pengembangan Pengajaran
tentang Pembentukan Iman Kepada
Anak Berdasarkan Kitab Ulangan 6:4-9 di Jemaat
Gereja Bathel Injil Sepenuh Yerusalem Baru
Surabaya.
Metode Penelitian
Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian survei
dengan pengambilan data melalui angket. Metode penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini adalah survei yang bersifat eksplanatori Konfimiaturi. Peneliti memakai survei untuk mendapatkan data tentang
Implementasi Pengembangan Pengajaran tentang
Pembentukan Iman Kepada Anak
Berdasarkan Kitab Ulangan 6:4-9 dengan
menggunakan skala liken dengan
jawaban: sangat setuju, setuju, ragu-ragu, tidak setuju, dan sangat tidak setuju. Untuk mendapatkan instrumen penelitian yang valid dan
reliable, maka ke 45 butir pernyataan terlebih dahulu dilakukan uji validitatas
oleh tiga orang tim ahli STT Anugerah Surabaya, setelah butir pernyataan
dinyatakan valid maka diadakan ujicoba kepada 30 orang responder. Dari uji coba
dihasilkan bentuk angket 43
butir pernyataan. Angket kemudian disebar kepada 35 responden.
Temuan
Penelitian
Uji
hipoDisertasi pertama
4.
Diduga kecenderungan tingkat Implementasi Pengembangan Pengajaran tentang Pembentukan Iman Kepada Anak Berdasarkan
Kitab Ulangan 6:4-9 di Jemaat
Gereja Bathel Injil Sepenuh Yerusalem Baru
Surabaya ada pada kategori rendah menuju sedang. Setelah dilakukan pengujian hipoDisertasi ternyata hasilnya, "Kecenderungan
tingkat Implementasi Pengembangan
Pengajaran tentang Pembentukan Iman Kepada Anak Berdasarkan Kitab Ulangan 6;4-9 di Jemaat
Gereja Bathel Injil Sepenuh Yerusalem Baru
Surabaya" ada pada kategori sedang,
sehingga dengan demikian dugaan kecenderungan
tingkat Implementasi
Pengembangan Pengajaran tentang Pembentukan Iman Kepada Anak Berdasarkan Kitab Ulangan 6:4-9 di Antara Jemaat GBIS Yerusalem Baru Surabaya ada pada kategori rendah menuju sedang." , adalah TIDAK TERBUKTI.
Uji hipoDisertasi dua
Diduga
dimensi yang paling dominan mempengaruhi Implementasi Pengembangan Pengajaran tentang Pembentukan Iman Kepada Anak Berdasarkan Kitab Ulangan 6:4-9 di Antara Jemaat GIBS Yerusalem Baru Surabaya adalah mengajarkan secara berulang-ulang. Setelah dilakukan pengujian hipoDisertasi ternyata hasilnya,
"Dimensi yang paling dominan
adalah dimensi Mengajarkan Secara berulang-ulang, sehingga dengan demikian dugaan dimensi yang paling dominan mempengaruhi Implementasi Pengembangan Pengajaran tentang Pembentukan Iman Kepada Anak Berdasarkan Kitab Ulangan 6:4-9 di Antara Jemaat GIBS Yerusalem Baru Surabaya adalah mengajarakan secara
berulang-ulang. adalah TERBUKTI.
HipoDisertasi ketiga
Diduga kategori latar belakang yang paling dominan (dari
suku, bentuk kekristenan,
gereja asal, jenis kelamin, pendidikan dan usia) mempengaruhi Implementasi Pengembangan Pengajaran tentang Pembentukan Iman Kepada Anak Berdasarkan Kitab Ulangan 6:4-9 Di Antara Jemaat GIBS Yerusalem Baru Surabaya adalah latar belakang pendidikan. Setelah dilakukan pengujian hipoDisertasi
ternyata hasilnya yang memengaruhi
Implementasi Pengembangan Pengajaran tentang Pembentukan Iman Kepada Anak Berdasarkan Kitab Ulangan 6:4-9 di Jemaat GIBS Yerussalem
Baru Surabaya adalah latar belakang bentuk kekristenan. sehingga dengan demikian,
hipoDisertasi ketiga yang berbunyi
Kategori latar belakang yang paling dominan mempengaruhi Implementasi Pengembangan
Pengajaran tentang Pembentukan Iman Kepada Anak Berdasarkan
Kitab Ulangan 6:4-9 di Jemaat
Gereja Bathel Injil Sepenuh Yerusalem Baru
Surabaya adalah latar belakang pendidikan
adalah TIDAK TERBUKTI.
Implikasi
Berdasarkan temuan di atas, maka penulis mengusulkan
Implikasinya sebagai berikut: Rencana Strategis
(Renstra) bagi GBIS Yerusalem Baru Surabaya untuk jangka pendek (waktu dekat), jangka menengah, dan jangka panjang mengacu kepada visi misi GBIS. (a) Dengan memberi pemahaman yang benar kepada setiap orang tua, mengenai Implementasi pengembangan pengajaran tentang pembentukan iman kepada anak secara terprogram dan berkelanjutan. (b). Pelaksanaan Implementasi
pengembangan pengajaran tentang pembentukan
iman kepada anak' dengan sangat menekankan pada aspek “membicarakan berulang-ulang saat berbaring dan saat bangun” karena kedua indikator tersebut yang dominan mempengaruhi Implementasi
Pengembangan Pengajaran tentang Pembentukan
Iman Kepada Anak di
Jemaat GIBS Yerusalem Baru Surabaya. (c) Meningkatkan Implementasi Pengembangan Pengajaran tentang
Pembentukan Iman Kepada Anak di Jemaat Gereja Bathel Injil Sepenuh
Yerusalem Baru Surabaya, dengan penginjilan ulang kepada orang tua jemaat. Dengan demikian
sangat prioritas mengubah kekristenan
para orang tua jemaat dari bentuk kekristenan keturunan dengan memberikan ke bentuk Kristen pertobatan.
Halaman Persetujuan Dosen Pembimbing
Diterima untuk Memenuhi Sebagian Syarat Memperoleh
Gelar Doktor Theologi (D.Th.)
di Sekolah Tinggi Teologi Anugerah Indonesia
Pada Tanggal
Pembimbing Disertasi
1.
Dr. Ir. Andreas Joswanto, M.M.,M.Th.
Pembimbing
I
2. Dr. Aji Sukrisno,
M.Pd.
Pembimbing II
Persetujuan
Tim Penguji
Dipertahankan
di Depan Dewan Penguji Disertasi Sekolah Tinggi Teologi Anugrah Indonesia dan
Diterima Untuk Memenuhi Sebagaian dari Syarat-syarat Guna Memperoleh Gelar Doktor (D.Th.)
Pada Tanggal:
Dewan
Penguji
Promotor I : Dr. Tan Lie Lie,
M.Th., M.Pd.
Promotor II : Dr. Alvonce
Poluan, M.Pd.
Promotor III : Dr. Adi Prasetyo
Wibowo, M.Th.
Promotor IV : Dr. Stefanus Dully, M.Pd.
HALAMAN
PENGESAHAN
Dr. Alvonce
Poluan, M.Pd.
KATA
PENGANTAR
Peneliti mempersembahkan puji syukur kepada Tuhan Yesus
Kristus, yang telah menganugerahkan
berkat: kesehatan, kekuatan; dan kemampuan, sehingga peneliti dapat menyelesaikan Disertasi: dengan judul "Implementasi Pengembangan Pengajaran
tentang Pembentukan Iman Kepada Anak Berdasarkan Kitab Ulangan 6;4-9 Di Jemaat Gereja Bathel Injil Sepenuh Yerusalem Baru
Surabaya"
Selama
menjalani studi ini, hingga pada penelitian dan tahap penulisan Disertasi, banyak pihak yang
membantu peneliti untuk mengerjakannya, sehingga tidak bisa disebutkan satu
persatu. Untuk itu peneliti mengucapkan banyak terima kasih yang tutus kepada:
1. Dr. Alvonce Poluan, M.Pd. Selaku Ketua Sekolah Tinggi Teologi Anugerah
Indonesia yang mengesahkan hasil penelitian disertasi ini.
2. Dr. Ir. Andreas Joswanto, M.M., M.Th. Pembimbing juga selaku pembimbing
satu, yang setia dan sabar memberikan arahan petunjuk – petunjuk praktis
sehingga disertasi ini dapat peneliti selesaikan.
3. Dr. Aji Sukrisno, M.Pd. dua yang penuh kesabaran memberi masukan dan
beimbingan sehingga peneliti dapat menyelesaikan disertasi ini
4. Dr. Tan Lie Lie, M.Th., M.Pd. yang telah berkenan memvalidasi
koesioner (angket) dengan sangat baik, sehingga sangat sangat membatu
penyelesaian disertasi ini.
5. Bapak / ibu pendeta selaku memberi ijin peneliti untuk mengadakan
penelitian di daerah pelayanan sehingga Disertasi ini dapat peneliti selesaikan
6. Para jemaat GBIS Yerusalem Baru Surabaya yang telah mengisi angket
(koesioner) sebagai data sangat diperlukan oleh peneliti, sehingga proses
penelitian dapat diselesaikan
7. Sumphi Prihaningrum Sayekti, SE. (istri) dan Thea Desyanti, SE (anak ke 1) dan Yonatan Chilyon Septheo (anak ke 2)
8. Tim Pendidik, Pengajar, dan Pembina (TP3) Yerusalem Baru, dan semua pihak
yang tidak dapat peneliti sebutkan disini atas dorongan, saran serta segala bantuan yang
berupa materiel dan moril sehingga Disertasi ini terselesaikan
dengan baik.
Surabaya, 10 Agustus 2020
Peneliti
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL............................................................................ i
ABSTRAK............................................................................................ ii
PERSETUJUAN DOSEN
PEMBIMBING..................................... viii
PERSETUJUAN DOSEN
PENGUJI.............................................. ix
HALAMAN PENGESAHAN............................................................ x
KATA PENGANTAR........................................................................ xii
DAFTAR ISI........................................................................................ xiii
DAFTAR GAMBAR.......................................................................... xvii
DAFTAR TABEL............................................................................... xix
DAFTAR LAMPIRAN....................................................................... xxi
BAB I: PENDAHULUAN
Latar Belakang............................................................ 1
Identifikasi Masalah................................................... 13
Batasan Masalah......................................................... 16
Rumusan Masalah Penelitian.......................... …….. 18
Penjelasan lstilah........................................................ 19
Tujuan Penelitian....................................................... 22
Kepentingan Teoritis........................................ …….. 22
Kepentingan Praktis......................................... …….. 23
BAB II: LANDASAN TEORI, KERANGKA BERPIK1R,
DAN RUMUSAN HIPODISERTASI
Latar belakang PL: Bangsa, Agama,
dan Budaya Yahudi...................... 24
Bangsa
Yahudi.............................................................................. 24
Agama
Yahudi............................................................................... 24
Budaya
Yahudi.............................................................................. 24
Prinsip Pendidikan dalam
PL.................................................................. 25
Seluruh
Kebenaran Adalah Kebenaran Allah............................ 25
Pendidikan
Berpusat Pada Allah................................................ 25
Pendidikan
adalah kegiatan Utama............................................. 25
Tempat
pendidikan...................................................................... 26
Di
Rumah......................................................................... 26
Aplikasi
..................................................................................................... 31
Landasan
Teori................................................................................... 32
Tinjauan tentang Kitab
Ulangan................................................. 32
Waktu Penulisan Kitab
Ulangan................................................. 33
Penulis Kitab Ulangan................................................................ 34
Tujuan Penulisan Kitab Ulangan................................................ 35
Garis Besar Kitab Ulangan......................................................... 38
Inti Ulangan 6: 4-9...................................................................... 39
Implementasi
Pengembangan Pengajaran tentang Pembentukan Iman
Kepada Anak Berdasarkan Kitab Ulangan
6:4-9................................... 51
Mengajarkan Tentang Mengasihi
Tuhan.................................... 51
Mengasihi Tuhan dengan Segenap
Hati......................... 53
Mengasihi Tuhan dengan Segenap
Jiwa......................... 56
Mengasihi Tuhan dengan Segenap
Kekuatan................ 59
Mengajarkan Secara
Berulang-ulang......................................... 60
Membicarakan Berulang-ulang
Saat di Rumah.............. 64
Membicarakan Berulang-ulang
Saat di luar rumah........ 68
Membicarakan Berulang-ulang
Saat Berbaring.............. 69
Membicarakan Berulang-ulang
Saat Bangun................. 71
Mengajarkan Melalui Tanda
Pengingat..................................... 72
Membuat Tanda Pengingat di Badan.............................. 73
Membuat Tanda Pengingat di
Tangan............... 75
Membuat Tanda Pengingat di
Dahi................... 77
Membuat Tanda Pengingat di
Rumah............................ 80
Membuat Tanda Pengingat di
Pintu Rumah…. 81
Membuat Tanda Pengingat di
Pintu Gerbang ............... 82
Rangkuman
........................................................................................... 84
Kerangka
Berpikir....................................................................................... 85
Perumusan HipoDisertasi...................................................................... ….. 93
BAB III: METODOLOGI PENELITIAN.............................................. 94
Tempat dan Waktu Penelitian....................................................... 94
Metode
Penelitian......................................................... .................. 95
Populasi dan
Sampel...................................................................... 100
Teknik Pengumpulan
Data............................................................ 101
Instrumen
Penelitian...................................................................... 103
Kisi-kisi Instrumen Uji
Coba......................................................... 106
Kalibrasi
Instrumen........................................................................ 107
Validasi dan Reliabilitasi
Instrumen........................................ ….. 113
Instrumen
Final......................................................................... ….. 114
Teknik Analisa
Data................................................................. ….. 118
BAB IV: ANALISA DATA PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
Deskripsi Data
Hasil Penelitian................................... .................. 124
Deskripsi Data Jawaban Responden Tentang
Metode Pengajaran Iman kepada Anak (Y)...................... 124
Deskripsi Data Jawaban Responden Tentang
Mengajarkan
tentang Mengasihi Tuhan(D1).................. 131
Deskripsi Data Jawaban Responden Tentang
Mengajarkan secara berulang-ulang(D2).......................... 132
Deskripsi Data Jawaban Responden Tentang
Mengajarkan melalui Tanda Pengingat(D3).................... 132
Pengujian Persyaratan Analisis.................................................................. 133
Uji Normalitas Data tentang Metode Pengajaran
Iman kepada Anak (Variabel Y)....................................... 133
Uji Normalitas Data tentang Metode Pengajaran Mengajarkan tentang Mengasihi
Tuhan (D1)......................................... 135
Uji Normalitas Data tentang Metode Pengajaran Mengajarkan secara
berulang-ulang (D2).............................................. 137
Uji Normalitas Data tentang Metode Pengajaran Mengajarkan melalui Tanda
Pengingat (D3)......................................... 139
Uji Linearitas.................................................... ................. 141
Uji Homogenitas............................................................... 142
Analisa Hasil
Penelitian............................................................................ 143
Uji Asumsi Klasik............................................ ................. 143
Uji Multikolinearitas .......................................... 143
Uji Auto Korelasi ............................................... 144
Uji Heterokedastisitas ........................................ 145
Pengujian HipoDisertasi............................................................................ 146
Pengujian HipoDisertasi 1 (Kecenderungan Implementasi)….. 147
Kecenderungan Implementasi tentang
Mengajarkan tentang Mengasihi Tuhan……………… 148
Kecenderungan Implementasi tentang
Mengajarkan secara berulang-ulang............................. 149
Kecenderungan Implementasi tentang
Mengajarkan melalui Tanda Pengingat……………… 141
Kecenderungan Implementasi Pengembangan Pengajaran tentang
Pertumbuhan Iman Kepada Anak.................................. 142
Pengujian HipoDisertasi 2 (Uji
Dominas)............................. 155
Pengujian HipoDisertasi 3 (Uji Latar
Belakang).................... 157
Pembahasan Hasil
Penelitian................................................................ 154
Pembahasan HipoDisertasi 1
(Kecenderungan Implementasi) 162
Pembahasan HipoDisertasi 2 (Uji
Dominasi) ....................... 163
Pembahasan HipoDisertasi 3 (Uji
Latar Belakang)............... 164
BAB V KESIMPULAN,
IMPLIKASI, DAN SARAN.................... 168
Kesimpulan............................................................................... 168
Implikasi
................................................................................... 173
Saran.......................................................................................... 189
Saran Secara Teoritis................................................... 189
Saran Secara
Praktis..................................................... 189
DAFTAR PUSTAKA.......................................................................... 191
LAMPIRAN-LAMPIRAN.................................................................. 198
DAFTAR GAMBAR
2.1.Tanda Filakteria pada Tangan dan
Dahi........................................ 34
2.2. Feterin di Kening dan Dahi
.......................................................... 35
2.3. Mezuzah di
Kusen........................................................................ 36
2.4. Macam Variasi
Mezuzah............................................................... 37
2.5. Mezuzah di Palang dan di
Pintu.................................................... 38
2.6. Metode pengajaran Iman kepada
Anak........................................ 40
2.7. Kecenderungan Tingkat
Implementasi Metode Pengajaran....... 78
2.8, Dimensi yang Dorninan
memengarui Implementasi..................
80
2.9. Kategori Latar Belakang yang
Dominan...................................... 82
.1. Prediksi Metode Hubungan
Variable............................................. 89
4.1. Responden menurut Suku
............................................................ 116
4.2. Responden menurut Bentuk
Kekristenan..................................... 117
4 3. Responden menurut Asal
Gereja................................................... 118
4.4. Responden menurut Jenis
Kelamin............................................... 119
4.5. Grafik Tingkat Pendidikan
Responden......................................... 120
4.6. Responden menurut Kelompok
Umur........................................... 121
4.7. Grafik Output Normalitas
PP-Plot Variabel Y.............................. 125
4.8. Grafik Output Detrended
Variabri Y............................................. 126
4.9. Graf-1k Output Nonnalitas
DI....................................................... 127
410. Grafik Output Detrended DI
....................................................... 128
411. Grafik Output Nonnalitas
PP-Plot D2......................................... 129
4.12. Grafik Output Detrended
D2...................................................... 130
413. Grafik Output Normalitas
PP-Plot D3......................................... 131
414. Grafik Output Detrended
D3........................................................ 132
DAFTAR TABEL
Tabel
3.1. Nama-nama Responden Uji
Coba................................................. 92
3.2. Telmik Pengumpulan Data Untuk
Setiap Variabel....................... 93
3.3 Bobot Penilaian Menurut Skala
Likert........................................... 95
3.4. Kisi-Kisi Instrumen Penelitian
Variabel Y.................................... 98
3.5. Hasil Iterasi Orthogonal 1
Variabel Y........................................... 100
3.6 Hasil Iterasi Orthogonal 2
Variabel Y............................................ 102
37 Hasil Uji Coba Reliabilitas Variabel
Y........................................... 104
3.8 Indeks
Reliabilitas........................................................................... 104
3.9 Kisi-Kisi Instrumen Penelitian
Vinal.............................................. 106
3.10 Bobot Penilaian Menurut Skala
Likert......................................... 107
3.11 Interval Pembahasan Variabel
Y.................................................. 112
4.1. Responden Menurut
Suku.............................................................. 116
4.2 Responden Menurut. Bentuk
Kekristenan...................................... 117
4.3 Responden Menurut Asal
Gereja.................................................... 118
4.4 Responden Menurut Jenis Kelamin................................................ 119
4.5 Responden Menurut
Pendidikan..................................................... 120
4.6 Responden Menurut Kelompok
Umur........................................... 121
47 Tabel Deskripsi
Statistik.................................................................. 122
4.8 Tabel Uji
Linearitas.......................................................................... 133
4.9 Tabel Uji
Homogenitas................................................................... 133
4.10 Hasil Uji
Multikolinearitas........................................................... 135
4.11 Hasil Uji
Autokorelasi.................................................................. 136
4.12 Hasil Uji Heterokedastisitas.......................................................... 137
4.13 Deskripsi Data Mengajarkan
tentang Mengasihi......................... 138
4.14. Deskripsi Data Mengajarkan
secara Berulang-ulang.................. 140
4.15 Deskripsi Data Mengajarkan
melalui Tanda Pengingat............... 141
4.16 Deskripsi Data Pola Pengajaran
Iman Kepada Anak................... 143
4.17 Rekapitulasi Hasil Uji HipoDisertasi
1......................................... 143
4.18 Uji Dimensi yang Dominan
......................................................... 144
4.19 Uji Indikator yang
Dominan......................................................... 145
4.20 Uji Latar Belakang
Dominan......................................................... 146
5.1 Jadwal Ibadah PKP Tahun 2015
GBIS Yerusalem Baru Surabaya
........................................................................................................... 165
5.2 Jadwal Ibadah PKW Tahun 2015
GBIS Yerusalem Baru Surabaya
........................................................................................................... 166
5.3 Jadwal Ibadab KPR Tahun 2015
GBIS Yerusalem Baru Surabaya
........................................................................................................... 166
5.4 Jadwal Tema Per minggu Ibadah
Keluarga GBIS
Yerusalem Baru Surabaya, Tahun
2015.......................................... 168
5.5 Jadwal Tema Per minggu
Pengajaran Iman Kepada Anak
GBIS Yerusalem Baru Surabaya, Tahun
2015................................ 169
5.6 Rancangan Program Peningkatan
Implementasi
Pengajaran PAK dalam Pembentukan
Iman Kepada Anak............. 169
DAFTAR LAMPIRAN
Lampiran
2.1. Surat Penunjukan Pembimbing Disertasi...................................... 182
2.2. Surat Permohonan
Validasi............................................................ 182
2.3. Angket untuk Tim
Validasi............................................................ 184
2.4. Hasil Validasi Angket.................................................................... 188
2.5. Surat Ijin Penelitian dan
Pengumpulan Data
No. 100/Ket.BA/STTB/VIII/2015
........................................... 190
3.1. Kuesioner Penelitian 45
Butir........................................................ 191
3.2. Tabulasi Data Jawaban 30
Responden 45 Butir............................ 198
3.3. Hasil Uji Coba Validitas 45
Butir.................................................. 202
3.3A Hasil Uii Coba Validitas 43 Butir................................................ 206
3.4. 1-lasil Uji Coba Reliabilitas
43 Butir............................................ 210
3.5. Tabulasi Data Jawaban 35
Responden 43 Butir ........................... 211
3.6. Biodata 35 Responden................................................................... 216
4.1. Hasil Uji
Normalitas....................................................................... 218
4.2. (Ai Linearitas ................................................................................. 223
4.3. Uji
Homogenitas............................................................................ 226
4.4. Uji
Multikolinearitas...................................................................... 227
4.5. Uii
Heterokedastisitas.................................................................... 228
4.6. Uji
Autokorelasi............................................................................. 229
4.7. Deskripsi
Data................................................................................ 230
4.8. Uii HipoDisertasi 1 (Uji
Frekuensi/Kecendentnean Pemahaman) 231
4.9. Uji HipoDisertasi 2 (Hasil Uji
Beta/Dominan)............................. 232
4.10. Uji HipoDisertasi 3 (Kategori
Latar Belakang)........................... 233
4.11. Pernyataan Keaslian
Tulisan........................................................ 234
Tidak ada komentar:
Posting Komentar